Wednesday, January 4, 2017

PENGALAMAN TEST DI PRESIDENT UNIVERSITY SALAH NGISI DATA (Kelas Malam dan Placement Test)

Hai! Kali ini aku bakal ngeshare pengalaman aku Placement Test President Univ. 
Tes beasiswa ini aku ikuti 13 November 2016 kemarin aku juga udah ngikutin tes buat extention class nya jadi bakal aku ceritain dua-duanya. Iyaps, setelah aku kedepak dari AIM dan meninggalkan univ di Jogja, aku beralih tinggal di Cikarang. Haha.

Untuk segala macam jenis beasiswanya, search sendiri ya, enggak aku jelasin di sini karena udah banyak website yang share informasi tentang itu. Kalau enggak ya langsung aja cusss ke websitenya Presuniv sendiri di www.president.ac.id .

1. Extention Class
Ini aku ikuti tanggal. Biaya pendaftaran 750 ribu. Besoknya bisa langsung tes. Aku telat daftarnya waktu itu, tapi masih boleh. Tesnya bareng sama beberapa karyawan dan cewek-cowok yang (kayanya) seumuran atau lebih tua sedikit. Kalau mau ikut tes yang jelas harus bayar dulu ya. Minta nomor marketingnya biar kalau ada apa-apa bisa tanya. Cari temen juga buat bertukar informasi.
-Soal
Soalnya nggak sulit sih menurutku. Waktunya 3 jam soalnya berapa ya itu.. 120 apa 130 aku lupa. Pakai bahasa Indonesia soalnya. Subjectnya ada 3: matematika, bahasa Inggris, psikotes.
Matematikanya matematika bisnis yang dasaar banget, aku gabisa 2 atau 3 gitu soalnya emang lupa caranya. Haha. Bahasa Inggrisnya soal cerita dan grammar. Psikotesnya enggak sulit yang penting cermat. Nggak sesulit psikotesnya AIM lah ya. Hehe. Gampang kok, aku ngerjainnya ala-ala siput, pake berhenti ngerjian terus ngehayal dulu. Jangan ditiru plis. Alhasil selesainya dua jam. Itu aja aku keluar pertama kali hahaha. Jangan ngegampangin juga sih ya, aku lihat sekeliling pas mager ngerjain, banyak yang bolak balik kertas mulu gitu kaya kesusahan. Terus ljk nya banyak yang belum keisi (AKU NGGAK NYONTEK YA, mager aja gitu terus lihat-lihat yang lain)
-Hasil
Nggak dikasih tau sih nilainya dapet berapa, cuma entar dapet semacam LoA gitu, aku keterima. Pengumuman lewat e-mail dan pos. Ada rincian biaya yang harus dibayar dan jadwal kapan masuk gitu. Eh disuruh bayar selang seminggu apa ya (aku emang telat masuk jadi dadakan bayarnya) bayar 4 jutaan kalau nggak salah. NOTE BACA PLIS BACAAAA
JANGAN TRANSFER KALAU TIDAK LANGSUNG FULL KECUALI UDAH KONFIRMASI SAMA UNIVNYA DAN NGGAK TELAT MASUK KAYA AKU. Kenapa? Karena ada barenganku baru transfer setengahnya, kan, sisanya nunggu gajian bentar lagi. Eh enggak boleh, uangnya hangus dia nggak jadi kuliah. Kecuali kalian daftarnya enggak telat, kali aja bisa dicicil. Tapi tetep ya, konfirmais dulu boleh apa enggak. Aku gimana? Aku belum transfer hehe. Belum punya duit keluargaku baru aja kena masalah. Aku sama tanteku mau tanya dulu boleh enggak bayar setengahnya. Dibilang gaboleh gitu terus ketemu sama mas-mas yang uang hangus tadi. Yaudah deh, aku nunggu tes beasiswanya aja. Kata bapak-bapak orang Presunivnya, aku kalau mau masuk lagi gausah tes soalnya datanya udah ada di komputer.

2. Placement Test
Aku ikut tanggal 13 November 2016. Tepat seminggu sebelum tes aku dapet pengumuman itu melalui websitenya Presuniv. Apdet selalu yang penting ya. Langsung deh ngisi data. Yang dibutuhin cuma legalisasi rapor, pas foto 4x6 berwarna, fotokopi ktp, application form yang udah kita isi datanya 2 lembar, dan sertifikat (jika ada). 
-Soal
Semua in English. Lucky me, waktu itu nggak ada matematikanya. Padahal serius aku pengen ada matematikanya. Berasa nggak ada tantangan kalau matematikanya nggak ada :( Waktunya 3 jam, soanya berapa ya itu, lebih sedikit sih dari pada yang extention class test yang aku ikutin sebelumnya. Oh iya, ini gratis testnya, aku ikut di kampusnya langsung. Kalau di luar kampus, nggak tahu, ada yang bilang bayar 100 ribu dulu kecuali kalau ikut seminar bisa gratis. 
- Hasil
Bilangnya sih seminggu setelah tes, tapi ternyata Desember akhir :( di website entar dimunculin dapet beasiswa tipe berapa. 
DISINI MASALAHNYA 
AKU SALAH NGISI DATA HAHAHAHAHA. 
Gini, aku kan kontakan terus sama Bu Ester, marketingnya PU, aku tanya kok hasilku belum muncul di web, beliau juga heran kali ya, soanya hasilnya udah muncul semua yang lain. Di e-mail deh aku sama Pak Michael. Katanya aku salah ngisi data gitu. Tanteku beberapa hari kemudian dateng ke kampusnya. Pihak kampus bilang aku salah ngisi data, dibawain itu dataku yang salah sama hasil tesku. Mereka bilang hasil tesku memuaskan, nilai rapor juga bagus. Sayang banget karena ketidaktelitianku jadi nggak muncul di web. Pihak kampus udah ngusahain berbagai cara biar muncul, mau diikutin jalur lain juga. Mereka bahkan manawarkan, kalau seandainya (karena ketidaktelitianku) aku dapet beasiswa belum tipe satu, bisa ngelobby lagi atau kalau tertarik kelas malam, bisa nego mau bayarnya berapa. Haha. Hasilnya bakal diumumin awal tahun ini. Udah tanggal 4 sih sekarang, tapi aku belum tanya karena masih di Jogja. Kalau hasilnya keluar aku share deh, haha.

Oke, sekian artikel ini. Kalau mau tanya bisa komen ya. Thanks. 
Belum diedit artikel ini.

1 comment:

  1. Pengisian data yang salah dibagian mana ka? Trus soal bahasa inggrisnya susah ga?

    ReplyDelete