Wednesday, January 4, 2017

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Teknologi

Pemerataan Teknologi

Assalamualaikum

Yang terhormat  Ibu Restu selaku Menteri Riset dan Teknologi,
yang saya hormati Bapak/Ibu guru SMAN 1 Bantul,
serta teman-teman kelas XII IPS yang saya sayangi.
Pertama-tama, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang diberikan sehingga kita dapat melaksanakan Seminar Teknologi ini dengan sehat walafiat. Tak lupa salam dan salawat kita kepada Nabi Agung Muhammad saw. Semoga kita merupakan orang yang mendapat syafaatnya di hari kiamat nanti.
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertema teknologi. Hadirin yang berbahagia, kehadiran teknologi tidak bisa dipisahkan dari setiap segmen kehidupan manusia. Manusia hidup dengan bantuan teknologi yang mereka ciptakan. 
Teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Banyak teknologi canggih yang telah berhasil dikembangkan oleh manusia meski pada awal kehidupan manusia, teknologi yang diciptakan masih sangat sederhana. Berawal dari penemuan pabble, sarkofagus, kini manusia telah berhasil menjelajah planet di luar bumi dan menyelam hingga ke dasar samudera.
Hadirin, teknologi yang mutakhir akan membawa dampak yang mutakhir pula pada kehidupan manusia. Tentu, dengan penggunaan yang bijak dan positif. Misalnya dalam hal penggunaan internet. Menggunakan internet secara bijak seperti untuk berkomunikasi dengan keluarga, relasi, atau teman yang berada di belahan bumi yang berbeda,  melakukan transaksi jual beli, dan mengakses buku-e akan lebih menguntungkan dari pada untuk membuka situs porno, meneror orang lain, atau hal lain yang merugikan.
Kita, sebagai orang yang hidup di Pulau Jawa, wajib bersyukur atas ketersediaan teknologi yang lebih mutakhir daripada di saudara-saudara kita yang hidup di pulau lain yang minim sentuhan teknologi. Internet, handphone canggih, pasokan listrik yang melimpah sudah merupakan “makanan” kita sehari-hari. Mari kita lihat masyarakat Papua, beberapa daerah bahkan belum mendapatkan aliran listrik dan internet.
Hal itu menunjukkan kurang meratanya persebaran teknologi di wilayah lain akibat konsentrasi pembangunan yang berada di Jawa. Sehingga, menyebabkan daerah satu telah menikmati teknologi baru yang lebih canggih, sementara daerah lain masih terpaku pada teknologi lama. Tentu bukan sesuatu yang kita harapkan. Karena teknologi yang istimewa akan lebih istimewa jika semua orang merasakan keistimewaan teknologi tersebut.
Sumber daya manusia di pulau terpencil harus dikembangkan dan dioptimalkan serta pemerataan perkembangan teknologi harus lebih diusahakan. Kenapa? Agar negara kita tercinta, Republik Indonesia, bisa maju dan berkembang bersama seluruh lapisan masyarakat tanpa ada salah satu atau sebagian daerah yang tertinggal. Karena salah satu tolok ukur kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari seberapa “terkini” teknologi yang mereka gunakan dan bagaimana teknologi tersebut didistribusikan ke setiap wilayah bangsa tersebut.
Roda kehidupan terus berputar. Wilayah Indonesia bagian timur yang sebagian besar pulaunya lebih kecil dan dipisahkan oleh laut-laut, namun lebih kaya sumber daya alam semoga bisa membuat manusia yang hidup di sana lebih kritis menciptakan suatu teknologi canggih. Bukan tidak mungkin  di tahun-tahun yang akan datang, warga Indonesia bagian timur lah yang berhasil menciptakan inovasi-inovasi teknologi yang berguna bagi seluruh bangsa Indonesia. 


            Bunga merekah di bulan Juni
Karena tidak turun salju
Betapa indahnya negeri ini
Jika teknologi semakin maju

Roti enak dihinggapi lalat
Lalat diusir, dimakan kakak
Internet sangat bermanfaat    
Gunakan ia secara bijak


Semoga yang saya sampaikan memberikan manfaat. Jadilah generasi yang berwawasan teknologi dan mengembangkan teknologi secara bijak agar lebih berguna bagi nusa dan bangsa. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata.
Wasalamualaikum

Kalau mau copy harap izin.



14 comments: